Jumat, 14 Agustus 2015

Teluk Ekas, Ketenangan serta Kedamaian Jiwa

Bila Anda merencanakan menyepi serta memulihkan semangat hidup Anda, kunjungilah Teluk Ekas Lombok. Teluk Ekas mempunyai lokasi yang cukup tenang serta damai. Ditempat ini, Anda dapat tinggal berbarengan nelayan setempat dalam kesederhanaan hidup, atau cuma nikmati panorama alamnya yang demikian mengagumkan. Teluk Ekas diselimuti hamparan pasir putih yang berkilauan, terlihat seperti suatu gurun permata. Anda akan temukan pantai-pantai nan indah, seperti Pantai Sawung, Pantai Planet, Pantai Batunampar, Pantai Surga dsb. Di samping Timur, Anda dapat menjumpai dinding tebing karang nan megah. Sedang di samping Utara Anda dapat lihat titik paling tinggi di Pulau Lombok, yakni Gunung Rinjani yang megah.

Bila Anda kebingungan untuk memastikan maksud wisata pantai di Pulau Lombok, buat jadi Teluk Ekas juga sebagai maksud pertama Anda. Pantai di Teluk Ekas mempunyai perairan yang tenang, dengan ombak yang lembut dan air laut yang jernih. Hingga pantai ini sangatlah pas untuk kesibukan snorkling, berenang serta memancing. Janganlah lupa untuk membawa peralatan memancing serta snorkling Anda, lantaran di lokasi Teluk Ekas tak ada sarana persewaan peralatan itu.

Pondok apung nelayan di Teluk EkasYang paling menarik dari Teluk Ekas yaitu kesibukan beberapa nelayan. Anda dapat menjumpai seputar 50 pondok apung dengan sampan yang bertumpu disebelahnya. Pondok apung itu di buat oleh beberapa nelayan untuk menangkarkan Ikan Kerapu serta udang. Anda dapat juga ikuti kesibukan beberapa nelayan saat ada di darat. Seperti bagaimanakah mereka bikin perahu serta sampan dengan peralatan yang simpel. Di “Berugak” (sejenis gubug atau gazebo) Anda dapat lihat sistem pemotongan ikan. Ikan-ikan yang dipotong itu lalu digunakan untuk berikan makan Ikan Kerapu yang ada di pondok apung. Ikan Kerapu serta udang itu bakal di jual di Pulau Bali serta seputar Lombok.

Teluk Ekas adalah lokasi yang terpencil serta sangatlah tenang, sangatlah pas untuk Anda yang berjiwa petualang. Lokasi pantai ini sangatlah minim sarana, hingga Anda mesti mempersiapkannya sendiri. Anda dapat membangun tenda di dekat gubuk nelayan, di mana umumnya beberapa nelayan bikin serta melakukan perbaikan jaringnya. Bila Anda tak mempunyai tenda, Anda dapat bermalam dirumah orang-orang setempat. Bila Anda mempunyai waktu senggang, luangkan untuk menjelajah pantai-pantai di Teluk Ekas, dan berkunjung ke danau air asin. Danau itu ada di selama Jerowaru Lauk, yang dikelilingi oleh rimba bakau. Di danau ini Anda dapat melihat orang-orang setempat bikin garam lewat cara tradisional. Tidak cuma lihat saja, Anda dapat juga turut dalam sistem pembuatan garam itu.

Teluk Ekas bisa diraih dari Mataram, seputar 75 Km. samping Tenggara Kota Mataram. Dianjurkan supaya Anda menepuh perjalanan ke Teluk Ekas dengan kendaraan pribadi (terlebih sepeda motor), lantaran transportasi umum yang menuju Teluk Ekas sangatlah tidak sering. Dari Kota Mataram, Anda dapat meniti jalur Mataram-Cakranegara-Kediri-Praya-Mujur-Ganti-Keruak-Jerowaru-Ekas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar