Rabu, 05 Agustus 2015

Pantai Indah Tanjung Aan

Pulau Lombok memanglah mempunyai segudang pantai yang mempesona, terutama pantai di lokasi selatan Pulau lombok. Satu tempat yang perlu masuk dalam daftar wisata Lombok Anda yaitu Pantai Tanjung Aan, tempat asal Sang Puteri Mandalika. Pantai ini segera bertemu dengan Samudera Hindia, serta mempunyai garis pantai selama lebih kurang 2 Km.. Satu hal yang tidak sama waktu kaki Anda mencapai Pantai Tanjung Aan, yakni pasirnya. Tidak seperti Pantai Lombok yang lain, pasir Pantai Tanjung Aan berupa bulat seperti merica.

Pantai Tanjung Aan LombokPantai Tanjung Aan sangatlah pas untuk Anda yang suka ber-snorkling serta berenang. Lantaran ombaknya yang cukup tenang dengan kedalaman yang relatif dangkal. Bila Anda lupa membawa peralatan Anda, ada persewaan alat snorkling di pinggir pantai. Mendekati sore permukaan air laut bakal mulai naik, jadikan Pantai Tanjung Aan ini tempat yang pas untuk berselancar.

Pantai Tanjung Aan ini dikelilingi oleh sebagian bukit. Anda dapat dengan gampang meraih bukit itu, apabila mau lihat penamdangan Pantai Aan yang indah dari ketinggian. Di seputar wisata pantai Lombok ini, Anda bakal menjumpai sebagian payung kayu dengan rajutan jerami juga sebagai atapnya. Salah satu langkah untuk nikmati Pantai Tanjung Aan yaitu dengan berbaring dibawah payung itu, sambil nikmati kelapa muda yang dapat Anda beli di seputar pantai. Anda dapat juga berkunjung ke jejeran restoran yang sediakan beragam jenis masakan. Anda dapat coba menu-menu masakan setempat, sembari nikmati keindahan Pantai Tanjung Aan yang mengagumkan.

Ritual Bau Nyale PasolaSaat musim berlibur, Pantai Tanjung Aan banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik. Tetapi bila Anda bertandang pada bln. Februari, pantai ini bakal penuh dengan wisatawan baik dari dalam ataupun dari luar negeri. Lantaran pada bln. itu ada even khusus yakni Ritual Bau Nyale. Ritual ini terkait dengan mitos orang-orang setempat perihal Puteri Mandalika, di mana puteri itu melompat dari bukit untuk hindari kejaran seseorang pangeran yang mau mempersuntingnya. Setelah itu mitos menyampaikan bahwa Puteri Mandalika bereinkarnasi jadi “Nyale”, atau cacing laut. sesudah “perburuan”, Nyale bakal jadikan bahan sebagian type masakan lokal.

“Nyale” sendiri yaitu sebutan orang-orang setempat untuk type cacing laut yang nampak pada saat spesifik di Pantai Tanjung Aan serta sebagian tempat yang lain di Indonesia (Sumbawa, Maluku, serta terlebih di Lombok). Sekurang-kurangnya ada 4 spesies Nyale dari Famili Eunicidae, yakni Eunice siciliensis, Eunice viridis, Licydice collaris, serta 1 spesies dari Nyale Famili Nereidae yakni Dendronereides heteropoda. *)

Pantai Tanjung Aan di Pulau Lombok terdapat seputar 75 Km. dari Kota Mataram, atau seputar 3 Km. dari Pantai Kuta Lombok. Bila Anda memakai kendaraan pribadi dari Kota Mataram, perjalanan bakal Anda tempuh sepanjang lebih kurang 1, 5 jam. Dengan rute Mataram – Cakranegara – Kediri – Praya – Batunyale – Sengkol – Rambitan – Sade – Kuta serta paling akhir Tanjung Aan. Dianjurkan supaya Anda menyewa sepeda motor atau mobil dari Kota Mataram. Lantaran fasilitas angkutan umum bakal menghabiskan waktu Anda serta relatif lebih ribet. Setelah tiba di Pantai Tanjung Aan, yakinkan Anda menyempatkan saat untuk berkunjung ke pantai-pantai di sekelilingnya. Seperti Pantai Kuta Lombok, Pantai Seger, serta Pantai Selong Belanak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar